Kembalinya Keyboard Fisik di BB Keyone

Sempat mengalami kejatuhan sejak para masyarakat mulai beralih ke smartphone Android, Blackberry masih bangkit dari keterpurukan mereka. Sejak dirilisnya aplikasi Blackberry Messenger untuk Android dan iPhone, pabrikan asal Kanada ini memang sempat hiatus dari dunia persaingan smartphone. Eksklusifitas yang tadinya dimiliki BB sebagai satu-satunya smartphone dengan aplikasi BBM seakan menghilang sejak BBM for Android rilis.

Blackberry Priv terbaru

Blackberry Priv terbaru

Perkembangam teknologi dari smartphone Android sedikit demi sedikit mulai menyingkirkan smartphone merk lain dari persaingan smartphone di dunia. Bahkan Blackberry bukan satu-satunya, Nokia pun yang menjalin kerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan OS baru juga belum bisa menggeser dominasi Android dan iOS. Sadar tidak bisa melawan, Blackberry pun memutuskan untuk bekerjasama dengan OS Android.

Dengan sisa-sisa kepopuleran brand mereka di mata masyarakat, Blackberry meluncur produk terbarunya yang memiliki sistem operasi. Kali ini BB tampaknya tidak lagi egois memaksakan OS buatan mereka sendiri (BB OS) yang memang masih belum bisa menyaingi OS Android dan iOS. Sangat terlihat mereka melakukan berbagai cara agar bisa bertahan di persaingan smartphone dunia saat ini.

Blackberry Keyone, BB Android Dengan Keyboard Fisik

Masih banyak orang yang mencintai produk buatan Blackberry, karena mereka merasa nyaman mengetik sms ataupun chating dengan keyboard fisik Qwerty. Sayangnya, akhir-akhir ini Blackberry lebih memilih memasarkan smartphone dengan layar full screen, seperti Blackbery DTEK50 atupun DTEK60. Mengerti akan keinginkan konsumennya, perusahaan asal Kanada tersebut kembali merilis smartphone dengan Keyboard Qwerty yang mereka namai sebagai “Blackberry Keyone”.

Penampakan fisik Blackberry Priv

Penampakan fisik Blackberry Priv

Secara keseluruhan bodi Blackberry Keyone memiliki ukuran panjang 149.1 mm, lebar 72.4 mm, dan ketebalan 9.4 mm. Sedangkan bobotnya seberat 180 gram dan bodinya dibalut frame metal yang membuatnya tampak premium dan elegan. Beralih kebagian belakang, kita akan menjumpai logo Blackberry dan casing bertexture yang membuatnya semakin nyaman digenggam. Walaupun tak bisa dikatakan tipis dan ringan, namun smartphone ini dirancang untuk mempermudah pengoperasian penggunanya.

Smartphone ini dirancang secara khusus untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya ketika mengetik sms, chating, ataupun kebutuhan mobile lainnya. Terlebih smartphone ini memiliki kamera beresolusi tinggi yang siap mengabadikan semua momen dengan hasil jepretan foto terbaik. Sayangnya Blackberry Keyone memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah dapur pacu yang terasa kurang powerfull. Harganya juga sangat mahal, karena smartphone ini dipasarkan untuk mengisi segmen premium.

Review Spesifikasi Blackberry Keyone

Blackberry Keyone mengandalkan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 yang biasanya kita jumpai pada smartphone entry-level. Ada juga seri dengan processor berkecepatan Octa Core 2.0 Ghz Cortex-A53 yang berpadu dengan GPU Adreno 506 dan Ram berkapasitas 3GB. Namun sayang, untuk urusan hardwaren masih tergolong sangat standar.

Keunggulan Blackberry Priv

Keunggulan Blackberry Priv

Beruntung smartphone keluaran Blackberry ini telah dibekali chipset Snapdragon 625 mengadopsi teknologi 14Nm FinFET. Ini membuat konsumsi baterai lebih irit dan performanya juga bisa diandalkan untuk multitasking. Berbicara soal baterai, Blackberry Keyone dibekali baterai berkapasitas 3.505 mAh yang dioptimalkan fitur Fast Charging.

Layar tersebut mengadopsi layar lengkung 2.5D dan dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 4. Sedangkan resolusinya berukuran 1080 x 1620 pixels dengan panel IPS yang menghasilkan kerapatan layar sebesar 434 ppi.

Memori internal Blackberry Keyone berkapasitas 32GB yang sebagian besar digunakan untuk menyimpan sistem operasi Android Nougat 7.1.1. Disarankan menambahkan microSD kedalam Blackberry Keyone untuk menyimpan file anda.

Kamera tersebut mengadopsi sensor Sony IMX378 berukuran 1/2.3″ dan 1.55µm pixel. Kemampuan kamera 12 Megapiksel Keyone memungkinkan kita merekam video 4K. Terdapat pula fitur Phase Detection Autofocus dan Dual Tone LED Flash. Kemudian untuk bagian depan, telah terpasang kamera beresolusi 8 Megapixel dengan sensor berukuran 1.12 µm pixel.

Tak hanya kamera beresolusi tinggi, pada bagian depan juga terpasang keyboard fisik Qwerty yang menjadi kelebihan utama Blackberry Keyone. Menariknya lagi, keyboard Blackberry Keyone bisa digunakan sebagai shortcut untuk membuka aplikasi dan menu tertentu. Selain itu, tersedia pula sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi pada tombol spacebar.

Salah satu kelebihan Blackberry Keyone yang tak dimiliki smartphone flagship sekelasnya adalah memiliki sistem keamanan Blackberry DTEK yang mampu menjaga semua keamanan data yang terpendam didalamnya. Kemudian untuk sektor konektivitas, telah tersedia satu slot kartu sim yang bisa dipakai mengakses internet pada jaringan 4G LTE Cat9 dengan kecepatan 450 mbps dan upload 50 mbps.

Comments are closed