BBM for Android dan Awal Kehancuran Blackberry

Blackberry memegang peranan penting dalam masa peralihan masyarakat dari ponsel konvensional menuju ke era smartphone. Pengalaman merasakan akses dunia maya lewat jejaring sosial dengan biaya yang tidak terlalu mahal yang ditawarkan smartphone Blackberry memang sangat membantu pada saat itu. Ini merupakan awal dari ketergantungan manusia akan teknologi smartphone.

Nasib Blackberry usai kemunculan BBM for Android

Nasib Blackberry usai kemunculan BBM for Android

Adalah aplikasi BBM yang membuat masyarakat pada saat itu seperti sakaw jejaring sosial. Bahkan tidak jarang kita melihat anak kecil usia sekolah dasar telah memegang unit ponsel Blackberry nya sendiri. Tentu jika membayangkan fenomena seperti ini, rasanya kita seperti ingin menghentikannya saja. Akan tetapi sejujurnya teknologi smartphone ini juga kita butuhkan dalam kehidupan kita.

Sempat menguasai pasar smartphone selama hampir setengah dekade, perlahan pamor Blackberry mulai turun. Bahkan dikabarkan bahwa kantor pusat Blackberry Research in Motion, Ltd. melakukan banyak sekali PHK pada. Penyebab dari kehancuran popularitas Blackberry tersebut adalah munculnya aplikasi Blackberry Messenger for Android dan Blackberry Messenger for iOS.

User Blackberry Yang Pindah ke Lain Hati

Masyaraka sempat terpecah menjadi dua kubu antara pengguna Android dengan pengguna Blackberry pada waktu itu. Saat itu Blakcberry sedang jaya-jayanya, sementara Android baru merintis peruntungannya demi bisa menyaingi dominasi OS Blackberri dan iOS. Menawarkan sejumlah kompatibilitas yang jauh di atas BB, Android perlahan mulai ambil alih pasar BB.

TampilanBBM for Android

TampilanBBM for Android

Sementara itu, Blackberry pun mulai memperluas pasar mereka dengan melakukan sejumlah peningkatan kualitas (upgrade). Tidak hanya itu, setelah lama terlena dengan penjualan produk menengah ke bawah mereka, BB mulai mengeluarkan kembali produk flagship Blackberry. Seperi Blackberry Q dan Blackberry Z.

Sempat bertahan beberapa lama dengan dominasinya tersebut, pertahanan Blackberry pun runtuh ketika beredar aplikasi BBM for Android. Aplikasi tidak resmi ini mulai muncul dan berharap bisa membuat para pengguna BB yang hanya mengharapkan fitur BBM mulai berpaling hati ke smartphone Android.

Dan benar saja, sejak resmi dirilis oleh Apple di Appstore dan kemudian disusul Android di Playstore, terjadi migrasi besar-besaran pengguna BB. Semakin banyak yang mulai meninggalkan platform Blackberry untuk kemudian beralih ke Android dengan beragam kemudahan yang ditawarkan serta biaya yang lebih murah.

Cara Menginstal BBM for Android

Aplikasi BBM waktu itu kerap menjadi salah satu fitur paling eksklusif yang hanya tersedia di smartphone BlackBerry. Namun, eksklusivitas tersebut seperti hilang begitu saja saat BlackBerry resmi mengumumkan bahwa BBM kini memungkinakan untuk lintas platform. Blackberry mengawalinya dengan merilis aplikasi BBM untuk iOS dan Android pada pertengahan 2013 lalu.

Cara menginstall BBM for Android

Cara menginstall BBM for Android

Keputusan CEO BlackBerry, Thorsten Heins ini pada awalnya disebut sebagai sebuah langkah percaya diri dari Blackberry. Bahkan jika perhitungan Heins tepa, BB justru bisa memperluas jangkauan pasarnya melalui aplikasi BBM for Android ini. Akan tetapi keputusan tersebut sepertinya justru menjadi bumerang bagi BlackBerry itu sendiri.

Lantaran populer di Indonesia, handset BlackBerry banyak dipakai oleh pengguna dari berbagai kalangan. Smartphone BlackBerry kerap terlihat dalam genggaman, bersama iPhone atau smartphone Android, karena pemiliknya tidak bisa lepas dari kontak BBM yang sudah terlanjur banyak serta hanya bisa diakses dari perangkat BlackBerry.

Bagi pengguna Blackberry yang beralih ke platform Android, pada awalnya masih banyak yang bingung bagaimana cara memasang aplikasi BBM tersebut. Berikut adalah langkah-langkah memasang aplikasi BBM for Android:

  • Setelah terbuka halaman BBM For Android di Google Play Store, silahkan langsung klik tombol “Pasang”.
  • Buat BlackBerry ID yang baru, pada kolom “Nama pengguna BlackBerry ID” masukkan alamat email yang sudah terdaftar, kemudian masukkan password pada kolom “Kata Sandi”.
  • Jangan lupa centang kolom kecil persetujuan ketentuan layanan dan kebijakan privasi penggunaan BBM For Android. Berikutnya silahkan klik tombol “Sign-In”.
  • Lanjutkan dengan mengisi nama tampilan profile BlackBerry ID dan klik tombol “Lanjutkan”. Lewati saja halaman untuk mengundang (invite) seperti gambar dibawah.
  • Klik tombol “Continue to BBM”. Lewati juga proses untuk memberitahukan teman bahwa BBM sudah tersedia untuk Android.
  • Finish. Proses pemasangan BBM For Android selesai. Inilah tampilan kontak BBM for Android. Test chat BBM for Android, sukses dan bisa digunakan.

 

Comments are closed